TRENDING NOW

Tuesday 12 August 2014

Masjid-Masjid Terbesar di Dunia (Bagian-1)

Pedasbanget.tk[Architecture,Religion]:masjid atau mesjid adalah tempat beribadah umat muslim,masjid sudah lama berdiri dari zaman nabi muhammad saw. di dunia pasti tahu dengan masjid bersejarah yaitu masjidil haram yang ada di kota mekah,tetapi anda juga harus tahu ada beberapa masjid yang terbesar di dunia ini selain masjidil haram,berikut informasinya!!!.

Masjidil Haram – Arab Saudi


Masjidil Haram di klaim sebagai Masjid Terbesar di peringkat pertama di Dunia. Sebuah Masjid yang sudah sangat terkenal bagi kaum muslim sampai kepenjuru dunia. Di tengah-tengah Masjid terdapat bangunan Ka'bah, dan Ka'bah merupakan Kiblat bagi umat muslim. Masjid Haram memiliki luas sekitar 4.008.020 meter persegi dan dapat menampung hingga 4 juta jemaah. Pada musim Haji, Masjidil Haram ini akan dipenuhi oleh umat muslim dari penjuru dunia untuk melaksanakan Ibadah Rukun Islam yakni Pergi Haji. Masjidil Haram ini tidak pernah sepi, selalu saja ada Umat Muslim yang melakukan ibadah baik itu Shalat, Tawaf dan ibadah lainnya.
Masjid Nabawi – Arab Saudi

Masjid terbesar di peringkat kedua adalah Masjid Nabawi. Masjid yang berada tepatnya di kota Madinah ini mempunyai saksi sejarah besar bagi kaum muslim. Di Masjid ini dimana baginda Nabi Muhammad SAW di makamkan. Selain sebagai tempat ibadah, Masjid Nabawi ini juga mempunyai fungsi sebagai pengadilan, pendidikan, sekolah dan kegiatan masyarakat lainnya. Pada musim haji, Masjid Nabawi ini juga di penuhi oleh Jemaah Haji dari penjuru dunia. Masjid Nabawi ini dapat menampung sekitar satu juta jemaah haji pada musim haji.
Masjid Muhammad Ali Pasha – Mesir

Masjid terbesar di peringkat selanjutnya adalah Masjid Muhammad Ali Pasha. Masjid yang dibangun sekitar tahun 1830 dan 1848 ini mempunyai arsitektur bangunan masjid yang unik dan indah. Nama untuk Masjid ini mempunyai makna sebagai penghormatan bagi putra tertua Muhammad Ali Pasha yakni Tusun Pasha, yang dulu pada tahun 1816 yang telah meninggal. 
Masjid Istiqlal – Indonesia

Masjid terbesar di peringkat keempat adalah Masjid Istiqlal. Dalam bahasa Arab Istiqlal sendiri mempunyai arti Kemerdekaan. Jadi tujuan dibangunnya Masjid Istiqlal ini adalah sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas kemerdekaan yang di berikan untuk Bangsa Indonesia. Masjid Istiqlal ini tepat berada di Ibukota Negara Indonesia yakni Jakarta. Banyak sekali kegiatan-kegiatan yang sangat bermanfaat yang dilaksanakan di Masjid ini.

Masjid Hassan II – Maroko

Masjid terbesar di dunia peringkat selanjutnya adalah Masjid Hassan II. Masjid yang terletak di kota casablanca Maroko ini memiliki rancangan arsitektur bangunan yang mempunyai nilai seni yang tinggi. Masjid Hassan II ini dirancang oleh Arsitek terkenal asal Prancis yakni Michel Pinseau. Berdiri tepat menghadap kearah Samudera Atlantik. Hal Unik dari Masjid Hasan II ini adalah dimana pada Masjid ini memiliki Menara setinggi 210 meter. Dan banyak yang menilai bahwa menara pada Masjid Hasaan II ini adalah Menara Masjid tertinggi di dunia.

sumber:topdidunia.com,berbagai sumber,pedasbanget.tk

Post a Comment

  • Posts
  • Comments
  • Pageviews
 
Copyright © 2014 pedasbanget.com. Designed by OddThemes