TRENDING NOW

Thursday 17 July 2014

Jamur-Jamur dengan Bentuk yang Sangat Mempesona

Pedasbanget.tk[Flora]:jamur adalah tumbuhan yang selalu mendiami di tempat-tempat lembab,dan juga bangkai pohon yang sudah membusuk,species jamur di muka bumi ini sangatlah banyak,sehingga kalau di bahas satu per satu keunikannya tidak akan cukup,dan kali kami akan membahas jamur-jamur dengan bentuk yang sangat mempesona.

Jamur Berdarah


Dari banyaknya jenis jamur yang bisa dimakan, jamur yang satu ini termasuk dalam jenis jamur yang tidak bisa dikonsumsi. Dilihat dari bentuknya, jamur ini memiliki bentuk yang sangat unik yang memiliki bintil-bintil merah seperti darah yang tersebar di permukaan jamur ini sehingga jamur Hydnellum ini dijuluki sebagai jamur berdarah. Selain itu, jamur ini juga menghasilkan spora pada permukaan vertikal duri yang menggantung di permukaan tubuh buahnya. Awalnya jamur Hydnellum ini sering dijumpai di beberapa negara Eropa dan Amerika Utara. Namun setelah dilakukan benyak penelitian ternyata jamur yang satu ini juga bisa hidup di daerah Iran dan Koera. Peran jamur berdarah yang satu ini tidak sebagi parasit namun memiliki peran yang saling menguntungkan bagi pohon konifer di sekitarnya.

Amanita Muscari-Jamur Merah Cantik yang Beracun


Jamur berikutnya yang memiliki bentuk unik adalah Amanita muscari. Amanita muscari sebenarnya memiliki warna yang sangat indah yang terdiri dari banyak warna seperti merah, jingga, kuning dan putih. Namun hal yang membedakannya adalah adanya bercak hitan dengan ukuran tubuh yang lebih besar dari jamur lainnya. Meskipun terlihat indah, namun ternyata jamur Amanita muscari ini memiliki racun yang sangat berbahaya yang akan mengakibatkan banyak hal fatal jika Anda menghirupnya. Jamur ini akan mengeluarkan senyawa asam ibotenat dan muscimol yang bersifat halusinogen dan psikoaktif. Dengan adanya senyawa tersebut akan mengakibatkan seseorang mengalami gangguan sistem saraf, mempercepat denyut jantung, mulut kering dan halusinasi. Hal lain yang akan terjadi jika terkena racun jamur Amanita muscari ini adalah diare, vertigo, muntah, koma dan beberapa efek lainnya. Selain itu, keunikan dari jamur ini adalah bisa hidup diberbagai daerah karena dapat hidup di suhu rendah dan suhu tinggi dan lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan daripada jamur lainnya.

Jamur Berbentuk Tangan Zombie


telah ditemukan spesies jamur baru yang mempunyai nama latin Clathrus Columnatus atau juga disebut Octopus Stinkhorn dan bisa juga disebut sebagai “Deadman’s Finger” yang bisa kita artikan secara harfiah sebagai Tangan Mayat atau Tangan Zombie, nah bagaimana bentuk dari jamur ini??

Indonesia memang adalah bangsa yang kaya akan keanekaragaman flora nya.. termasuk juga dengan yang ini, sebuah tumbuhan yang tumbuh secara alami di sebuah pekarangan rumah, keanekaragaman ini selalu membuat kita semakin merasakan betapa kreatifnya alam kita ini dengan segala isinya

Karena strukturnya yang menyerupai spons, maka tanaman aneh ini dapat digolongkan menjadi bagian dari jamur, bentuk dari jamur ini sangat mirip dengan tangan mayat, yang seakan akan keluar dari tanah kubur, inilah alasannya kenapa jamur ini dinamakan sebagai jamur Tangan Zombie, ada alasan lain mengapa dinamakan seperti itu, karena asal dari tanaman(jamur) ini adalah bibit yang terbengkalai selama bertahun tahun di dalam pupuk kompos.
Jamur yang Bisa Mengeluarkan Cahaya Hijau

Jamur yang tumbuh di hutan tropis Taman Wisata Nasional Lembah Ribeira, dekat Sao Pulo, Brazil memendarkan cahaya saat sekitarnya gelap. Jamur-jamur tersebut memiliki kemampuan bioluminescent karena reaksi kimia di tubuhnya menghasilkan cahaya berwarna hijau.

Jamur-jamur yang ditemukan di Brazil itu termasuk dalam genus Mycena. Di seluruh dunia terdapat sekitar 500 jenis jamur yang masuk ke dalam genus ini, tapi hanya 33 persen yang memiliki kemampuan bioluminescent.

Ada lebih dari 10 jenis jamur bioluminescent yang baru ditemukan di Brazil sejak 2002, empat di antaranya merupakan spesies yang belum diketahui sebelumnya. Temuan ini merupakan hasil penelitian yang dilakukan Cassius Stevani, profesor kimia dari Universitas Sao Paulo, Dennis Desjardin, profesor ilmu jamur dari Universitas Negeri San Fransisco California, dan Marina Capelari dari Institut Botani Brazil.

Jamur Berbentuk Otak

Jamur otak yang memiliki nama latin Gyromitra esculenta ini adalah jamur dengan bentuk yang sangat unik. Bentuk jamur ini sesuai dengan namanya yaitu berbentuk seperti otak manusia dengan warna coklat. Jamur otak ini adalah jamur yang merupakan jenis dapat dikonsumsi, namun jika Anda ingin mengkonsumsi jamur ini jangan mengkonsumsi secara mentah. habitat asli jamur otak ini adalah di seluruh Eropa dan Amerika Utara yang biasanya tumbuh di tanah berpasir di bawah pohon konifera pada saat musim semi atau awal musim panas.

kunjungi forum web anak bangsa:http://www.17april.besaba.com/

sumber:segiempat.com,berbagai sumber,pedasbanget.tk

Post a Comment

  • Posts
  • Comments
  • Pageviews
 
Copyright © 2014 pedasbanget.com. Designed by OddThemes