TRENDING NOW

Tuesday 23 September 2014

Wanita-Wanita Hebat Peraih Nobel di Dunia (Bagian-1)

Pedasbanget.tk[Peoples]:wanita di zaman sekarang bukanlah wanita lemah seperti di zaman dahulu,sekarang banyak wanita pintar yang bekerja keras untuk keluarga dan bangsanya,dan mereka telah membuktikannya dengan mendapatkan nobel,siapa sajakah mereka dan apa prestasi mereka sehingga mendapatkan nobel,ini contoh buat generasi bangsa kita agar mampu mencontoh wanita-wanita berikut ini.

Marie Curie


Ilmuwan wanita ternama ini lahir dan besar di Warsawa, Polandia. Terlahir dengan nama Marie Sklodowska atau Marya atau Manya Sklodowska. Ayahnya Wladyslaw Sklodowski seorang guru fisika SMA dan ibunya Bronislawa Sklodowska seorang kepala sekolah. Saat usia 24 tahun Marie kuliah di Universitas Sorbonne. Kemudian bersama sang suami Piere Curie meraih Hadiah Nobel untuk bidang fisika tahun 1903. Hadiah Nobel yang diterima Marie Curie tersebut menjadikannya sebagai wanita pertama di dunia yang mendapatkan Nobel. Pada tahun 1911 Marie Curie kembali mendapat penghargaan Nobel atas jasanya di bidang kimia dan menjadikan dirinya sebagai orang pertama dan juga wanita pertama di dunia yang mendapatkan 2 kali penghargaan Nobel. Marie Curie meninggal dunia pada 4 Juli 1934 karena leukemia. 


Bertha von Suttner


Bertha von Suttner adalah wanita bangsawan Austria yang juga seorang penulis dan aktifis anti perang. Novel karya von Suttner berjudul “Die Waffen Nieder“ atau “Letakkan Senjata Mu” menjadi novel terlaris di Eropa pada abad ke 19. Atas usaha dan perjuangannya untuk perdamaian melalui tulisannya tersebut Bertha von Suttner dianugerahi Nobel Perdamaian pada tahun 1905 dan tercatat sebagai wanita pertama di dunia yang memperoleh hadiah Nobel Perdamaian.


Selma Lagerlof


Selma Ottilia Lovisa Lagerlof adalah seorang penulis berkebangsaan Swedia yang berhasil meraih hadiah Nobel dalam bidang Literature pada tahun 1909. Salah satu karya novelnya yang terkenal berjudul “The Story of Gosta Berling”. Selma Lagerlof adalah orang Swedia dan juga wanita Swedia pertama yang mendapatkan penghargaan Nobel.


Jane Addams


Jane Addams adalah seorang wanita Amerika Serikat yang terkenal atas perjuangannya dalam membela hak-hak kaum imigran miskin. Addams juga dikenal sebagai tokoh pergerakkan untuk memajukkan pendidikan, masalah sanitasi, hiburan dan perwakilan hak-hak politik warga perkotaan yang kurang beruntung. terpilih sebagai ketua Women’s Peace Party and the
Women’s International League for Peace and Freedom pada tahun 1916. Dari dunia internasional atas jasanya tersebut Jane Addams dianugerahkan Hadiah Nobel Perdamaian tahun 1931.


Shirin Ebadi


Shirin Ebadi adalah seorang hakim asal Iran kelahiran 1947 merupakan peraih Nobel Perdamaian tahun 2003 atas usahanya menegakkan hak-hak wanita, anak-anak dan memperjuangkan hak-hak para aktivis anti pemerintah serta perjuangan menegakkan Hak Asasi Manusia. Ijin prakteknya sebagai hakim sempat dicabut selama 5 tahun namun ia kembali mendapatkannya. Shirin Ebadi tercatat sebagai wanita Muslim pertama di dunia yang menerima hadiah Nobel dan juga tercatat sebagai wanita ke 11 dan wanita Iran pertama yang menerima hadiah Nobel Perdamaian.


sumber:berbagai sumber,pedasbanget.tk 

Post a Comment

  • Posts
  • Comments
  • Pageviews
 
Copyright © 2014 pedasbanget.com. Designed by OddThemes