TRENDING NOW

Tuesday 9 December 2014

Kaktus-Kaktus Unik di Dunia (Bagian-1)

Pedasbanget.tk[Flora]:mempelajari dunia flora sangatlah menyenangkan,kita bisa lebih tahu tentang cara dia fotosintesis dan memahami habitat tempat tinggalnya,seperti tanaman paling tangguh yaitu kaktus,meski kaktus tumbuhan berduri dan hidup di iklim kering tetapi kaktus memiliki banyak bentuk yang unik sekaligus aneh,dari pada anda penasaran dan bertanya-tanya yuk ikuti informasinya.

Blossfeldia liliputana


Kaktus imut ini kerap kali ditemukan tumbuh di antara bebatuan di Pegunungan Andes. Nama liliputana diambil dari novel ‘Gulliver’s Travels,’ liliput merupakan nama suku yang menghuni di sebuah pulau. Ukuran fisik mereka pun istimewa, yakni lebih kecil jika dibandingkan dengan tokoh utamanya Gulliver.
Sesuai dengan namanya katus yang satu ini memiliki ukuran maksimal 1,3 cm saja. Seperti jenis kaktus lainnya, liliputana pun memiliki bunga yang mekar di saat musim panas tiba. Selain ukurannya yang kecil, keunikan liliputana adalah mampu bereproduksi tanpa dibantu dan memerlukan pihak lain. biji benih mereka kecil sehingga mampu masuk ke celah-celah kecil bebatuan.

Agave Cactus


Sementara kaktus unik lainnya adalah Agave Cactus atau Leuchbergia principis, yang memiliki bentuk seperti jari manusia. Kaktus agave tumbuh tinggi menjulang dengan dikelilingi duri yang keras, untuk melindungi buahnya dari gangguan mahluk lain. Berbeda dengan kaktus lainnya, Agave tidak memiliki cabang, bahkan tumbuh meninggi-melebar melalui fotosintesis.
Atrichoke Cactus


Kaktus unik yang satu ini popular dengan nama atrichoke cactus, dan merupakan satu-satunya spesies yang dimiliki oleh genus Obregonia. Seperti halnya Ariocarpus dan Leuchtenbergia, Atrichoke merupakan tanaman geoftis (tumbuh menyamping/lebar). Secara fisik Atrichoke memiliki batang daun segitiga yang berbuku-buku (menyerupai kol), bunga kecilnya berwarna putih yang akan tumbuh setiap musim panas tiba. Dan buahnya pun cukup tebal ketika matang.
Ariocarpus Fissuratus (“Living Rocks”)


Jika melihat tekstur kaktus yang satu ini maka tidak salah jika ahli biologi dan floris menjulukinya dengan “living rock” (batu yang hidup). Ariocarpus fissuratus, merupakan salah satu kaktus yang pertumbuhannya lambat dan tidak memiliki duri. Meskipun demikian batu hidup yang satu ini mampu bertahan hidup hingga 50 tahun dan memiliki diameter sebesar 4-5 inchi. Memiliki biji yang kecil dengan duri yang lemah tumbuh dari batang yang lateral, geoftis (tumbuh melebar). Keunikan lainnya, kaktus batu yang satu ini memiliki racun sehingga banyak dihindari oleh para hewan herbivora.
Turbinicarpus subterraneus


Sementara keunikan kaktus yang satu ini memiliki batang berbulu, menyerupai tongkat di dekat akar kemudian membentuk batang hijau berduri seperti umumnya kaktus. Keunikan kaktus Turbinicarpus lainnya adalah mampu bertahan hidup sangat lama karena memiliki akar yang dalam dan mampu menyimpan kandungan air cukup banyak. Sehingga mampu menghadapi ekstrem nya musim panas yang panjang.

sumber:jurukunci.net,pedasbanget.tk

Post a Comment

  • Posts
  • Comments
  • Pageviews
 
Copyright © 2014 pedasbanget.com. Designed by OddThemes