TRENDING NOW

Saturday 18 January 2014

Tanaman-Tanaman Untuk Mencegah Alergi

@Ensiklopedia Unik Disekitar Kita:ada banyak hal yang dapat membuat kita alergi terhadap sesuatu misalnya makanan,debu, atau lain,tetapi ada juga sebagian tanaman yang berguna yang bisa dijadikan untuk menghilangkan alergi,apakah saja itu....

Urtica dioica (Jelatang)

Urtica dioica merupakan tanaman obat yang telah digunakan sejak berabad-abad lalu. Sangat aman dan efektif kelebihan tanaman yang satu ini. Yakni hanya dengan dijadikan sebagai teh dan jika diminum teratur dua hingga tiga gelas setiap hari akan mengurangi alergi terhadap rumput. Selain itu khasiat urtica dioica yang di Indonesia dikenal dengan nama Jelatang, dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap alergi musiman misalnya musim hujan yang menyebabkan kaligata (urtikaria) dan sinusitis.

Bahkan sekelompok peneliti pada 2009 lalu mengungkapkan bahwa tanaman jelatang ini mampu menyembuhkan alergi yang menyebabkan mata merah dan berair

     
Quercetin

Quercetin merupakan suplemen herbal yang dikenal dapat mengurangi rasa sakit akibat sinusitis dan hidung tersumbat (congestion). Quercetin merupakan zat warna yang terdapat di dalam buah-buahan dan sayur-mayur, beberapa di antaranya adalah apel dan bawang merah. Para ahli mengatakan dengan mengonsumsi 250 mg quercetin dua kali sehari, dapat mengurangi resiko terkena alergi. Namun untuk merasakan efeknya perlu waktu dua minggu.



Petasites hybridus


tanaman Petasitus hybridus meskipun belum diketahui kandungan obatnya secara pasti, namun ternyata memiliki keampuhan untuk menghentikan penyempitan saluran pernafasan dan pencernaan akibat alergi terhadap suhu dingin. Maka tidak heran jika tanaman Petasites hybridus digunakan untuk mengobati kram perut, migran, batuk dan asma. Tanaman ini banyak tumbuh di daratan Eropa, Asia bagian selatan dan sebagian Amerika Utara.



 



 Echinacea


Sementara Echinacea memiliki khasiat untuk mengobati alergi dan meningkatkan kekebalan tubuh. Tanaman Echinacea selain dapat menyembuhkan pilek serta mata berair, serta dapat mengurangi bengkak akibat alergi misalnya pada orang yang alergi terhadap debu rumah.




 Eucalyptus



Tanaman yang satu ini banyak tumbuh di hutan Papua, maka tidak heran jika dijadikan sebagai tanaman khas Papua. Eucalyptus merupakan salah satu obat alami untuk mengobati penyakit yang menyangkut saluran pernafasan. Minyak daun eucalyptus dapat digunakan sebagai membuka saluran pernafasan, sehingga penderita sinusitis akan bernafas dengan baik. Eucalyptus adalah sahabat bagi mereka yang alergi terhadap suhu udara dingin seperti penderita asma dan sinusitis.



 Sumber:https://www.facebook.com/EnsiklopediaAtlasAndUnik dan berbagai sumber


Post a Comment

  • Posts
  • Comments
  • Pageviews
 
Copyright © 2014 pedasbanget.com. Designed by OddThemes