TRENDING NOW

Sunday 9 February 2014

Hewan-Hewan Pemakan Bangkai (Bagian-1)

#EnsiklopediaUnikDisekitarKita: di dunia hewan terdapat hewan-hewan pembersih jasad hewan ataupun pembersih tulang belulang selain belatung,mereka menunggu hewan itu mati,karena di terkam,atau karena sakit,nah berikut ini adalah hewan-hewan pemakan atau pengurai bangkai.

Kumbang Dermestid




Kumbang yang satu ini tidak memakai daging bangkai, justru memakan dengan lahap bagian terkeras dari bangkai, seperti rambut, tulang dan kulit. Baik kumbang dewasa dan larva dermestid terkadang di temukan di dalam rumah, di balik karpet, pakaian dan perlengkapan rumah tangga. Bahkan kumbang yang satu ini adalah salah satu musuh para petugas museum purbakala, karena mampu melahap tulang-tulang yang menjadi koleksi museum.

Burung Marabou Stork



Burung marabou stork merupakan predator yang tinggal di kawasan perairan (sungai, rawa dan lautan), burung yang satu ini memakan ikan-ikan kecil dan katak. Pemilik nama latin Leptoptilos crumeniferus, juga ternyata dikenal sebagai hewan pengurai bangkai. Tidak jauh beda dengan king vulture, marabou stork pun hobi menyantai bangkai hewan lainnya. Paruhnya yang kuat dibarengi kepalanya yang plontos membuatnya lincah ketika sedang menikmati bangkai kesukaannya.

Nicrophoridae



Nicrophoridae merupakan bagian dari kumbang carrion yang gemar menjelajahi bangkai-bangkai hewan. Kumbang dengan warna khas halloween, kuning-hitam, bahkan melakukan perkawinannya di atas bangkai. Hewan pengurai bangkai ini biasanya ditemukan sedang melahap bangkai burung ataupun hewan pengerat. Bahkan sang betona dengan konsisten mengumpulkan daging bangkai untuk diberikan kepada larvanya.

Hyna Bergaris



Kebanyakan jenis hyena adalah pemangsa hewan hidup atau merampok mangsa yang ditangkap pemangsa lainnya. Namun hyena bergaris yang satu ini lebih buas lagi tidak hanya merebut, bahkan bangkai yang telah berhari-hari terbengkalai pun mereka gasak habis. Mereka bahkan saling memangsa sesama hyena, bukan hanya kulit dan daging, tulangnya pun dilumah habis, sehingga tak heran jika fesesnya berwarna putih.

Lebah Vulture



Julukannya diambil dari nama burung pengurai bangkai terbesar, Burung Vulture. Trigona atau lebah pemakan bangkai ini, merupakan jenis lebah yang unik. Tidak menyengat, dan membesarkan larva-larvanya di atas bangkai ataupun daging yang membusuk. Trigona yang satu ini mengunyah dan memuntahkan makanannya berupa cairan seperti lebah pembuat madu pada umumnya. Lebah vulture bahkan memenuhi sarang mereka dengan daging-daging busuk.


sumber:berbagai sumber,ensiklopedia unik disekitar kita

Post a Comment

  • Posts
  • Comments
  • Pageviews
 
Copyright © 2014 pedasbanget.com. Designed by OddThemes