TRENDING NOW

Friday 23 May 2014

Hewan-Hewan (Kuda) Dalam Mitologi Yunani

*Ensiklopedia Unik Di sekitar Kita: kuda adalah hewan yang sangat gesit dan lincah,dalam mitologi yunani kuda di gambarkan sebagai hewan kendaraan para dewa yang akan berperang melawan para monster,di dalam mitologi yunani,kuda memiliki keunikan tersendiri dan menjadi hewan kesayangan setiap para dewa,berikut hewan-hewan (kuda) dalam mitologi yunani,yang saya bagikan hanya untuk anda.

Hippokentaur



Hippokentauradalah makhluk yangberwujud setengah manusia setengah kuda. Dalamlukisan vas Attika danBoiotia awal, kentaur digambarkan berupa bagianbelakang kuda yangmenyatu dengan tubuh manusia yang utuh. Sementaradalam perkembanganselanjutnya, penggambaran kentaur adalah bagian tubuh manusia (darikepala sampai pinggang) yang menyatu dengan gumbakuda. Komposisisetengah-manusia dan setengah-hewan ini telah membuatbanyak penulis menganggap kentaur sebagai makhluk liminal, berada diantara dua sifat,diceritakan dalam mitos yang berlawanan, baik sebagai perwujudan dari alam liar, seperti ketika para kentaur berperang dengan suku Lapith,atau sebaliknya sebagai guru, contohnya Kheiron.Kentaur biasanya disebut terlahir dari hubungan Iksion dan Nefele (dewiawan yang dibuat sesuai wujud Hera). Versi lainnya adalah bahwa raskentaur merupakan keturunan Kentauros, yang berhubungan seksual dengankuda-kuda betina diMagnesia. Kentauros sendiri kemungkinan adalah putra Iksion dan Nefeleatau putra Apollo dan Stilbe, putri dewa sungai Peneus.

Pegasus



Pegasus adalah seekor kuda jantanbersayap yang merupakan putra Poseidon danMedusa dalam mitologi Yunani.Poseidon Memperkaos Medusa sehingga Athena mengubah Medusa menjadimonster. Pegasus banyak dijumpai didalam karya-karya seni baik Yunani,Romawi maupun Mesopotamia. Pegasus merupakan makhluk yang wujudnya menggambarkan adanya hubungan antaradewa-dewa dan iblis atau monster didalam dunia kuno dan dunia klasik.Pegasus membantu Bellerofon sangpahlawan dalam perlawanannya melawan Chimaera dan bangsa Amazon. Suatuketika, Bellerofon mencobamenerbangkan pegasus ke Olympus sehingga paradewa menghukumnya dan menjatuhkan Bellerophon dari Pegasus. Sejak saatitu, Pegasus menjadipembawa petir untuk Zeus.

Arion



Arion adalah kuda abadi keturunan dewa.Areion lahir dari hubungan Demeterdan Poseidon. Poseidon bernafsu padaDemeter dan mengejarnya. Demeter berusaha melarikan diri dengan berubah wujud menjadi kuda betina dan bersembunyi di antara kawanan kuda namun Poseidon mampu melihat penyamaran Demeter. Poseidon lalu berubah menjadi kuda jantan dan memperkosa Demeter. Dari hubungan tersebut lahirlah Arion. Arion sangat cepat dan mampu berbicara bahasa manusia.

Diomedes



Diomedes atau Kudabetina Thrakia adalah kuda pemakan manusia yang liar dan takterkendali.Kuda ini berjumlah empat ekor. Mereka adalah milik raksasaDiomedes(bedakan dengan Diomedes, putra Tideus), raja Thrakia, anakAres danKirene yang tinggal di pesisir Laut Hitam. Bukefalos, kuda Aleksander Agung dikatakan merupakan keturunan dari kuda-kuda ini.Herakles diharuskan menangkap kuda-kuda ini dalam rangka menyelesaikan tugas ke delapannya.

Hippocampus



Hippocampos atau kuda air adalah makhluk mitologi Yunani yang memiliki tubuh bagian depan kuda dan bagian belakang ikan. Hippocampos sering digambarkan memiliki sisik berwarna hijau dan juga sirip. Poseidon menggunakan dua atau empatekor Hippocampos untuk menarik keretanya melintasi lautan. Orang Yunani kuno percaya bahwa Hippocampos merupakan makhluk dewasa dari kuda laut.

sumber:networkedblog.com,ensiklopedia unik di sekitar kita

Post a Comment

  • Posts
  • Comments
  • Pageviews
 
Copyright © 2014 pedasbanget.com. Designed by OddThemes