TRENDING NOW

Wednesday 12 March 2014

Fakta-Fakta Unik Tentang:Cinderella

Pedasbanget.tk[Lucu dan Menarik]:Hampir semua orang tahu cerita Cinderella. Namun, tak banyak yang tahu bahwa sumber cerita Cinderella berasal dari Cina, yaitu yang ditulis oleh Duan Ching shi pada pertengahan abad ke-9. Versi yang paling banyak dikenal orang adalah yang ditulis pada tahun 1967 oleh penulis dongeng asal Prancis, Charles Perrault. Tapi, baik Duan maupun Charles mendapatkan cerita itu dari penuturan orang lain. Duan dari seorang pembantunya, sedangkan Charles dari seorang pendongeng lain. Penemuan terakhir mengatakan bahwa karena kemiripan kata, Charles salah menuliskan sepatu bulu sehingga menjadi sepatu kaca. Nama ‘Upik Abu’ berasal dari bahasa Jerman, Aschenputtel atau Ash Girl, yang dipakai untuk menyebut Cinderella dalam versi yang ditulis oleh Grimm Bersaudara.

Berbagai Versi Film Cinderella



Film Cinderella pertama dibuat pada tahun 1899 oleh sineas Prancis bernama Georges Méliès. Film hitam putih itu berdurasi 7 menit dan terdiri dari 20 adegan. Lalu, pada tahun 1950 Studio Animasi Walt Disney membuat film kartun Cinderella pertama yang terkenal sampai sekarang. Baik Georges maupun Disney membuat film Cinderella menurut versi Charles Perrault.versi pertama yang di buat adalah dari versi china yeh hsien.


Ilenne Woods,Pengisi suara merdu cinderella



Ilene Woods adalah pengisi suara tokoh Cinderella dalam film kartun ‘Cinderella’ (1950). Awalnya, Ilene hanya diajak rekaman oleh temannya yang penulis lagu. Lalu, rekaman itu diperdengarkan untuk diusulkan menjadi lagu-lagu dalam film ‘Cinderella’. Ternyata Walt Disney sangat menyukai suara Ilene dan langsung memintanya untuk mengisi suara Cinderella. 


Versi Seram dari kisah Cinderella


Kisah lain yang cukup populer di masa kanak-kanak kita adalah Cinderella alias Si Upik Abu. Dalam versi aslinya, saat Pangeran mencari pemilik sepatu kaca, Ibu Tiri Upik Abu berusaha sangat keras agar anak-anaknya terpilih sebagai pemilik sepatu. Putri yang kakinya kebesaran, jari-jarinya dipotong agar muat. Sementara Putri yang kakinya kekecilan, kakinya digilas dengan roda gerobak kuda yang sangat berat (dari sinilah sebenarnya muncul istilah "Pain for Beauty"(Biar Sakit Asal Cantik)). Pada akhirnya, cara itu tidak berhasil karena Sepatu Kaca itu tetaplah tidak muat untuk kedua kakak-beradik itu.

Ketika Sang Pangeran menemukan bahwa pemilik sepatunya adalah Cinderella, maka murkalah dia, dan segera memerintahkan burung elang peliharaannya untuk mematuk dan memakan mata Ibu Tiri Cinderella, kemudian mengusir Ibu Tiri dan adik-adik tirinya dari kota. Sang Ibu Tiri dan adik tiri Cinderella pada akhirnya menjadi pengemis yang tinggal di luar kota.


Sepatu Kaca Dari Berbagai Versi(Bukan Kaca tetapi bulu bajing)


sebenarnya versi asli dari sepatu kaca itu tidak pernah ada,mereka dari ke tiga versi merubahnya menjadi versi itu di buat oleh brothers grimm dan sampai sekarang orang hanya mengingat sepatu kaca adalah selalu berhubungan dengan cinderella.harles Perrault, yang menulis versi modern kisah tersebut pada abad ke-17, salah mendengar kata vair (bulu bajing) dalam dongeng abad pertengahan yang dipinjam dan diperbaruinya dengan kata verre (kaca) yang kedengarannya mirip.
Cinderella adalah sebuah kisah yang kuno dan universal. Ada sebuah versi asal Cina yang berasal dari abad ke-9 dan 340 versi lain sebelum yang dibuat ole Perrault. Tak satupun versi awal tersebut menyebutkan selop kaca. Dalam kisah yang “orisinal” “Yeh-Shen”, selop tersebut terbuat dari benang emas dengan sol emas padat. Dalam versi Skotlandia “Rashie-Coat” selop tersebut dibuat dari rumpun gelagah. Dalm dongeng Prancis abad pertengahan, yang diadaptasi oleh Perrault, sepatu Cinderella digambarkan sebagai Pantoufles de vair-selop dari bulu bajing.


Berbagai Versi Film Cinderella

 A Cinderella Story
rilis 16 juli 2004
Another Cinderella Story
rilis 16 september 2008

dapat bocoran bahwa akan ada film terbaru bertema cinderella yang akan rilis di tahun 2014 ini.


sumber:berbagai sumber,ensiklopedia unik disekitar kita

Post a Comment

  • Posts
  • Comments
  • Pageviews
 
Copyright © 2014 pedasbanget.com. Designed by OddThemes