TRENDING NOW

Tuesday 7 October 2014

Fakta-Fakta Menarik Tentang Terjadinya Pelangi

Pedasbanget.tk[Fakta]:biasanya pelangi terjadi setelah turun hujan dan akan muncul berbagai warna dari warna pelangi,akan tetapi tahukah anda semua tentang keunikan dan kelebihan dari pelangi,berikut informasinya.


1. Pelangi sangat jarang terlihat di siang hari

Pelangi lebih sering dijumpai di pagi hari atau sore hari. Mengapa? Pelangi terbentuk saat matahari menyinari titik-titik hujan pada sudut sekitar 42 derajat. Saat siang hari, posisi matahari sangat tinggi sehingga sudutnya dengan titik-titik air akan lebih dari 42 derajat. Karenanya, di siang hari jarang sekali ada pelangi.

2. Pelangi bisa muncul di malam hari


Yap, tapi kali ini disebabkan oleh pantulan sinar bulan. Di malam hari, bulan akan memantulkan sinar dari matahari, dan sinar yang dipantulkan inilah yang menyebabkan terjadinya pelangi ketika bersentuhan dengan titik-titik air. Fenomena ini biasa disebut moonbow

3. Tidak ada orang yang pernah melihat pelangi yang sama


Menurut LiveScience, walaupun kamu dan temanmu berdiri di tempat yang sama, kalian akan melihat pelangi yang berbeda. Alasannya adalah karena pelangi terbuat dari titik-titik hujan yang selalu bergerak. Cahaya yang memantul dari suatu titik hujan untuk pelangi yang kamu lihat memantul dari titik-titik hujan lain dari sudut yang berbeda untuk orang lain. Hal ini membuat gambaran yang benar-benar berbeda bagi satu orang dan orang lain, sekalipun dilihat dari tempat yang sama.

4.Kamu tidak bisa melihat semua warna pelangi.


Pelangi terbuat dari lebih dari 1 juta warna, termasuk warna yang tidak dapat dilihat oleh mata manusia. Jadi, warna pelangi sebenarnya bukan hanya me-ji-ku-hi-bi-ni-u!

5.Fenomena double, triple dan bahkan quadruple rainbow bisa saja terjadi

Kadang, kita bisa melihat dua pelangi, bahkan tiga pelangi sekaligus ketika pantulan sinar dari titik-titik air terpantul kembali melalu titik-titik air yang sama.

6.Kamu tidak akan pernah sampai ke ujung pelangi

Pelangi selalu terlihat seolah-olah bergerak ketika kamu juga bergerak. Ini karena sinar yang membentuk pelangi juga tergantung dari sudut pandang orang yang melihatnya. Jadi, pasti selalu ada jarak antara yang melihat dan pelangi.

7.Sir Isaac Newton adalah orang pertama yang menjelaskan bagaimana pelangi terbentuk.
isaac newton

Sir Isaac Newton.
Image: Wikimedia Commons

Yap, ini adalah Sir Isaac Newton yang terkenal karena hukum gravitasi-nya setelah konon sebuah apel jatuh ke kepalanya!

8.Sebenarnya, pelangi berbentuk lingkaran penuh, dan hanya bisa dilihat dari posisi yang sangat tinggi (misalnya di pesawat)

Kalau yang biasa kita lihat, pelangi itu berbentuk setengah lingkaran. Padahal sebenarnya bentuknya lingkaran penuh. Garis horizon membatasi pandangan kitasehingga kita hanya melihat setengah bagian pelangi saja.

9.Di musim dingin, sangat jarang ada pelangi.

Hal ini karena air hujan membeku menjadi kepingan salju. Jadi tidak ada cahaya yang dipantulkan dari titik-titik air.

semoga bermanfaat bro and sis

sumber:flippkids.com,pedasbanget.tk

Post a Comment

  • Posts
  • Comments
  • Pageviews
 
Copyright © 2014 pedasbanget.com. Designed by OddThemes