TRENDING NOW

Thursday 11 December 2014

Tumbuhan-Tumbuhan Paling Bau di Dunia

Pedasanget.tk[Flora]:banyak sekali jenis flora di muka bumi ini,ada yang habitatnya hidup di air,di iklim kering,lembab dan di atas pohon,sebagai parasit. tetapi ada yang unik  dari tumbuhan-tumbuhan berikut ini,yaitu tumbuhan yang di bilang tumbuhan paling bau di dunia. kenapa di bilang seperti itu karena tumbuhan ini sangat bau seperti bau bangkai hewan,yang fungsinya menarik serangga untuk penyerbukan.mau tahu tumbuhan apa sajakah itu,berikut informasinya.


Bunga Bangkai (Rafflesia arnoldii)

Merupakan bunga paling terbesar di dunia. Tanaman ini eksotis, sangat langka, tapi warnanya kurang cantik, berbintik, namanya Rafflesia Arnoldi salah satu dari 16 spesies genus Rafflesia, bunga terbesar di dunia. 16 spesies yang diketahui dapat ditemukan hanya di Indonesia (Sumatra, Kalimantan, Jawa) dan Malaysia (Sabah, Serawak).

Belakangan ini, Rafflesia Arnoldii dimasukkan ke dalam famili Euphorbiaceae, bisa berdiameter hingga 1 meter dengan berat mencapai 7-11 kg. Bunganya akan mekar hanya dalam waktu 3 hari hingga seminggu saja. Saat mekar bunga ini akan mengeluarkan bau busuk yang sangat menyengat hingga di Indonesia bunga ini dinamakan bunga bangkai. Baunya yang khas mengundang serangga penyerbuk datang dan itu membuatnya dapat bergenerasi dan hanya 10-20 persen dari semaian yang akan berhasil dan dalam 9 bulan, dengan sedikit kebruntungan, akan mekar kembali.
Bunga Bangkai (Amorphophallus titanum)


Bunga ini tingginya bisa lebih dari tinggi seorang pria dewasa, dan mengeluarkan aroma busuk yang menyengat pula. Dinamakan Titan Arum, di Indonesia dijuluki pula sebagai "bunga bangkai" karena baunya itu. Bunga ini merupakan fenomena langka dan berkembang biak berkat bantuan dari serangga penyerbuk yang datang karena baunya.
Hydnora africana - Paling bau


Parasit yang hampir setara dengan Rafflesia,namun lebih jauh lagi Bau nya dibanding si bintang merah.Bunga ini bermahkota 2-5 buah dengan bau yang sangat menyengat seolah bangkai super bau.Bunga ini emiliki bulu-bulu di pinngir mahkotanya.Walaupun se-parasit dengan bintang merah namun jauh lebih kecil,sekitar 15-30 cm tingginya.
Pelican Flower (Aristolochia grandiflora)


Tanaman ini sangat menarik, tapi jangan terlalu dekat, atau Anda tidak akan mendapatkan bau bangkai tikus keluar dari hidung Anda selama berjam-jam. Tidak seperti tanaman karnivora Nepenthes attenboroughii, mereka hanya menggunakan bau busuk untuk menarik penyerbuk. 


 
sumber:berbagai sumber,pedasbanget.tk

Post a Comment

  • Posts
  • Comments
  • Pageviews
 
Copyright © 2014 pedasbanget.com. Designed by OddThemes