TRENDING NOW

Thursday 31 July 2014

Tanaman-Tanaman Pengusir Nyamuk (Bagian 2-Selesai)

Pedasbanget.tk[Flora]:lingkungan yang kotor dan tidak di jaga kebersihannya akan mengundang banyak penyakit,terutama di kala saat musim hujan,wabah nyamuk akhirnya datang. banyak korban berjatuhan terutama anak-anak dan lansia.satu gigitan dapat membuat orang terkena demam berdarah,nyamuk yang biasanya mengigit akan membawa virus kepada orang yang digigitnya. banyak sekali perusahaan yang berlomba-lomba menciptakan anti nyamuk,padahal alam sudah menyediakannya,tetapi kita tidak menyadarinya kita lebih memilih teknologi yang berbahaya dari pada cara alami,yaitu menggunakan tanaman-tanaman pengusir nyamuk berikut ini.

Marigold


Tanaman ini berasal dari Negara Mexico dan Guatemala, Tanaman yang sangat cantik ini memiliki bau yang tidak enak, sehingga di daerah Jawa Barat sering di sebut Tanaman Tai Ayam, Ya meskipun agak sedikit berlebihan dengan nama Tai Ayam. tapi tanaman ini efektik untuk mengusir nyamuk.


Kecombrang



Kecombrang, kantan atau honje (Jawa barat), kincung (Medan), siantan(Malaya) atau kaalaa (Muangthai). Umumnya digunakan untuk rempah masakan di tanah Pasundan (sambal, pepes, urap dan nasi oncom kecombrang) atau di Jawa Tengah (pecel). Bunga kecombrang juga dapat mengusir nyamuk, walau umumnya ditanam untuk penghias pekarangan.


Zodia


Orang Papua terbiasa menggosok kulitnya dengan dedaunan tertentu sebelum masuk ke hutan. Maksudnya agar terlindungi dari serangan serangga, khususnya nyamuk. Daun-daun tersebut berasal dari tanaman yang disebut zodia (Evodia suaveolens). Kita ketahui, zodia ini tanaman asli Indonesia yang berasal dari Papua.


Serai Wangi



Serai telah dikenal sebagai salah satu bahan yang sering digunakan sebagai bumbu masak, tetapi ada manfaat lain yang tidak kalah penting yaitu sebagai tanaman pengusir nyamuk. Tanaman yang termasuk bangsa rumput-rumputan ini tidak disukai nyamuk karena adanya zat geraniol dan sitronelal. Ekstrak serai juga telah dimanfaatkan dalam pembuatan lotion pengusir nyamuk dengan aromanya yang khas.


Akar Wangi


Tumbuhan akar wangi dapat mengendalikan populasi nyamuk deman berdarah. Nyamuk demam berdarah, konon sangat takut menghadapi tumbuhan akar wangi. Bau nyengat yang keluar dari tumbuhan ini cukup mematikan bagi nyamuk jenis itu.

Nah sobat semilir, pilih mana, bebas nyamuk tapi terkontaminasi zat kimia, atau bebas nyamuk, udara harum mencium semerbak wangi bunga, mata enak melihat warna-warni bunga sekaligus nyamuk jauh.


sumber:berbagai sumber,pedasbanget.tk

Post a Comment

  • Posts
  • Comments
  • Pageviews
 
Copyright © 2014 pedasbanget.com. Designed by OddThemes