TRENDING NOW

Tuesday 29 July 2014

Kuliner-Kuliner Khas Saat Hari Raya di Belahan Dunia (Bukan Untuk Muslim Saja,Bagian-1)

Pedasbanget.tk[Kuliner]:pada saat hari raya idul fitri,semua orang terutama kaum hawa,pasti akan membuat kue kering untuk hari raya,terkadang mereka juga memesan sebelum harinya,di belahan dunia ini orang-orang membuat kue khas hari raya,tetapi bukan untuk non muslim melainkan mengikuti tradisi atau perayaannya,berikut informasinya mengenai kuliner-kuliner khas hari raya di belahan dunia (bukan untuk non muslim saja) 

Besan Burfi,India


India memang surganya perayaan dan festival. Hampir setiap bulan sepanjang tahun ada saja hari tradisional yang dirayakan oleh penduduk negara ini. Dan pestanya selalu berlangsung meriah, dipenuhi tarian dan makanan tradisional yang berlimpah. Salah satu perayaan yang paling dinanti adalah Diwali. Festival cahaya yang berlangsung selama lima hari ini dirayakan oleh penganut Hindu, Jain, dan Sikh antara bulan Oktober dan November dengan pesta kembang api, perjamuan, pemujaan kepada dewa, pesta kembang api, dan penyalaan lampu-lampu minyak sebagai simbol dari cahaya. Perjamuannya ditandai dengan acara memakan kue-kue manis dengan keluarga besar dan tetangga terdekat. Salah satu kue khas yang disajikan dalam ritual itu adalah besan burfi, sejenis biskuit lengket yang terbuat dari tepung kacang garbanzo, ghee, gula, dan cardamom. Bagian permukaannya ditaburi dengan kacang-kacangan lezat seperti pistachio yang berwarna hijau, kenari, dan kacang tanah. 

Pan de Muerto,Mexico


Artinya adalah roti untuk orang mati. Makanan ini hanya muncul saat perayaan? Día de los Muertos di Meksiko. Día de los Muertos yang berarti hari untuk orang mati adalah bagian dari adat istiadat Meksiko yang berawal dari penggabungan Hari Para Santo yang berasal dari agama Katolik dan Hari Para Arwah. Dari Meksiko utara sampai Yukatan, warga memperingati para leluhur yang sudah meninggal dengan persembahan yang bersifat simbolik seperti tengkorak yang terbuat dari gula, tamale, liquor, marigold, dan pan de muaerto. Pan de muerto sendiri sebenarnya hanya roti biasa yang dibuat dari tepung terigu kemudian dibentuk menyerupai sosok manusia dan hewan. Resep klasik untuk Pan de los Muertos adalah roti manis resep sederhana, sering dengan penambahan biji wijen, dan terkadang dibumbui dengan air bunga jeruk. Variasi lain yang dibuat tergantung pada wilayah atau tukang roti. Pergelangan tangan yang membuat roti biasanya akan memakai band, supaya terhindar dari luka bakar oleh kompor atau oven.


Kahk,Mesir


Kalau orang Indonesia punya ketupat sebagai sajian khas Lebaran, orang Mesir punya kahk. Kahk adalah makanan kecil yang biasa disajikan oleh warga saat hari raya Islam, Idul Fitri. Seperti di negara-negara dengan penduduk mayoritas beragama Islam lainnya, Idul Fitri selalu menjadi hari besar yang dirayakan paling meriah di Mesir, dengan hari libur yang panjang dan perjamuan besar antara keluarga besar dan kerabat. Kahk yang terbuat dari tepung dan kacang dengan taburan gula di atasnya merupakan salah satu kue khas Idul Fitri di negara-negara muslim, terutama yang terletak di timur tengah? Biasanya setiap negara memiliki variasi kahk tersendiri.


Hakarl,Islandia


Thorrablt, festival pertengahan musim dingin di Islandia berawal dari abad 19. Tujuan utamanya adalah menghormati zaman keemasan sejarah Eslandia dengan tradisi pagan yang diwarnai pemujaan terhadap para dewa Skandinavia seperti Thor, Odin, dan Freiya. Hakarl, makanan tradisional yang selalu harus ada dalam perayaan ini ditujukan sebagai bentuk pengorbanan masyarakat yang memakannya. Kenapa makan saja bisa disebut pengorbanan? Karena hakarl yang terbuat dari daging ikan hiu ini benar-benar tidak enak. Untuk membuat hakarl daging ikan hiu dikubur dalam gravel untuk menghilangkan semua cairan, difermentasi, kemudian dipotong-potong, dan digantung agar benar-benar kering. Proses pengolahan ini berlangsung selama berbulan-bulan. Jika sudah jadi, hakarl akan berbau seperti ikan busuk dan amonia. Biasanya untuk memudahkan memakan hakarl disediakan pula minuman khusus.

Ban chung dan bhan day,Vietnam



Banh chung merupakan makanan yang biasa disajikan warga Vietnam saat Tet, perayaan tahun baru Vietnam yang berlangsung setiap awal musim semi. Sama seperti Imlek bagi warga Tionghoa, perayaan ini sangat penting bagi penduduk Vietnam. Saat Tet biasanya seluruh keluarga berkumpul dan berpesta. Makanannya pun berlimpah. Sajian khas Tet tidak berbeda jauh dengan Imlek. Biasanya disajikan kuaci dari biji semangka, buah-buahan kering, banh chung, dan banh day. Banh chung dan banh day ini penampilan dan rasanya mirip bachang. Terbuat dari nasi dan beras ketan yang diisi dengan daging berbumbu kemudian dibungkus dengan daun dan dikukus hingga matang. Banh chung dibuat dengan bentuk kotak untuk melambangkan bumi, sedangkan banh day dibentuk bulat menyerupai tabung untuk melambangkan langit. Makanan ini biasanya diikutkan dalam sesajen yang dipersembahkan untuk leluhur dan nenek moyang.


sumber:berbagai sumber,pedasbanget.tk

Post a Comment

  • Posts
  • Comments
  • Pageviews
 
Copyright © 2014 pedasbanget.com. Designed by OddThemes