TRENDING NOW

Wednesday 30 July 2014

Kuliner-Kuliner Khas Saat Hari Raya di Belahan Dunia (Bukan Untuk Muslim Saja,Bagian 2-Selesai)

Pedasbanget.tk[Kuliner]:pada saat hari raya idul fitri,semua orang terutama kaum hawa,pasti akan membuat kue kering untuk hari raya,terkadang mereka juga memesan sebelum harinya,di belahan dunia ini orang-orang membuat kue khas hari raya,tetapi bukan untuk non muslim melainkan mengikuti tradisi atau perayaannya,berikut informasinya mengenai kuliner-kuliner khas hari raya di belahan dunia (bukan untuk non muslim saja) 

Kaak,Tunisia


Dikenal juga sebagai patthar ki roti atau stone bread dalam bahasa inggris yang dalam bahasa Indonesia kira-kira berarti roti batu. Roti satu ini mendapatkan nama uniknya dari proses pembuatannya. Adonan Kaak akan dipipihkan di atas batu, dibentuk, dan dipanggang di sebuah tandoor. Ketika proses pemanggangan inilah Kaak akan berubah menjadi sekeras batu. Namun, setelah dingin roti ini akan berubah menjadi seempuk bantal. Kue ini tentunya menjadi salah satu hidangan khas saat lebaran Idul Fitri di Tunisia.

Kue Bulan,China


kalau makanan yang satu ini pasti sudah sering Anda lihat saat perayaan tahun baru China. Teksturnya mirip seperti pastry, tetapi lebih padat. Bagian dalamnya diisi dengan selai kacang merah atau selai biji teratai yang berlimpah. Kadang ditambahi kuning telur asin utuh sebagai simbol dari bulan purnama. Bagian permukaan kue biasanya dihiasi dengan gambar-gambar yang mewakili dewi Change, yaitu bunga dan kelinci. Kemudian ditambahi pula dengan tulisan huruf China yang berarti panjang umur dan keselarasan. Rasanya sangat manis dan sedikit lengket. Dulunya, mooncake atau kue bulan merupakan bagian dari festival Zhongqiujie, sebuah perayaan yang digelar warga Tionghoa pada pertengahan musim dingin untuk menghormati dewi bulan Change dalam mitos China. Tetapi banyak juga yang sekadar menyebutnya festival kue bulan, karena kue bulat bercitarasa legit tersebut memang primadona dalam ritual Zhongqiujie. Menurut sejarah, dulunya kaisar-kaisar China harus memberikan persembahan kepada matahari saat musim semi dan persembahan kepada bulan setiap musim dingin. Dan kue bulan ini merupakan salah satu bentuk persembahan tersebut. Karena makna filosofisnya yang bagus, sekarang kue ini bisa ditemui dalam setiap perayaan penting warga Tionghoa atau sebagai sajian untuk pesta pernikahan.


Baklava,Turki


Baklava merupakan sejenis makanan ringan di kawasan Turki dan daerah-daerah tempat mantan kekuasaan Kerajaan Ottoman. Makanan ini terdiri dari kacang walnut atau pistache yang dicincang dan diberi pemanis berupa gula atau madu dan dibungkus adonan roti tipis. Baklava sendiri sudah sangat lama didokumentasikan. Salah satu bukti tertua ialah resep baklava di dalam sebuah buku resep dari abad ke-14 yang ditemukan di Tiongkok. Dalam buku resep ini baklava disebut güllach. Baklava biasanya disajikan dalam sebuah piring besar dan dipotong sesuai selera masing-masing. Baklava memiliki tekstur yang berlapis-lapis dan diisi dengan berbagai macam potongan kacang. Hidangan ini biasanya disajikan dengan tambahan sirup dan madu diatasnya.


Hamantaschen,Israel



Hamantaschen adalah makanan khas perayaan Purim dalam kepercayaan kaum Yahudi. Perayaan tersebut ditandai dengan pembacaan kitab Yahudi di sinagoga, pesta kostum, Mishloach Manot, yaitu ritual pemberian makanan kepada warga tidak mampu, dan memakan kue khas Purim. Biasanya, makanan yang disajikan dalam perayaan Purim adalah hamantaschen, pastry berbentuk segitiga yang dalam bahasa Hebrew juga disebut dengan nama oznei haman. Kue ini sebenarnya adalah kukis yang diisi dengan biji poppy, buah kering, prune, kacang, kurma, dan coklat. Semuanya berisi makanan manis.


Gulha dan Kulhi Boakibaa,Maldives


Maldives memiliki sumber daya alam laut yang luar biasa karena merupakan negara kepulauan. Maka tidak heran jika menu khas di saat lebaran pun merupakan makanan olahan dari hasil laut (seafood). Contohnya saja Gulha dan Kulhi Boakibaa. Gulha merupakan camilan unik yang berbentuk bola-bola dan berasal dari olahan ikan, mirip dengan bakso ikan di negara kita. Sementara Kulhi Boakibaa merupakan hidangan utama yang dibuat dari nasi dan ikan tuna.


sumber:berbagai sumber,pedasbanget.tk

Post a Comment

  • Posts
  • Comments
  • Pageviews
 
Copyright © 2014 pedasbanget.com. Designed by OddThemes