TRENDING NOW

Wednesday 17 June 2015

Subhanallah,Inilah Mesjid-Mesjid Dengan Arsitektur Terindah dan Terunik Di Dunia (Bagian-1)

Pedasbanget.tk[Architecture]:Mesjid adalah tempat ibadah oleh umat muslim di dunia,sehingga bisa di bilang sebagai rumah allah. mesjid juga banyak digunakan untuk bermusyawarah dan berkumpulnya orang-orang yang mengaji atau mendengarkan pengajian di mesjid. mesjid memang banyak di negara mayoritas dan minoritas muslim di dunia,dengan bentuk bangunannya yang indah serta desain arsiteknya yang unik membuat orang terpukau di buatnya. sehingga mesjid bukan menjadi tempat ibadah saja tetapi juga menjadi wisata rohani umat muslim seluruh dunia. berikut ini ada beberapa mesjid-mesjid dengan arsitektur terunik dan terindah di dunia,mesjid apa sajakah itu??

Masjid Raya Djenne,Mali Afrika Barat


Masjid ini dibangun dari batu-bata yang terbuat dari lumpur, yang juga merupakan bangunan lumpur yang terbesar di dunia. Karena keunikannya, masjid ini termasuk ke dalam situs sejarah dunia UNESCO, yang juga merupaan salah satu destinasi favorit di Afrika Barat. Masjid ini dibangun pada 1907 di atas tanah seluas 5.625 meter persegi di kota Djenne yang merupakan pusat penyebaran Islam di Afrika Barat.

Masjid Larabanga,Ghana


Masjid ini merupakan masjid tertua di Larabanga, Ghana. Kemungkinan masjid ini dibangun oleh suku Moors antara abad ke 13 sampai abad ke 15. Masjid Larabanga terbuat dari lumpur dan ranting-ranting pepohonan, warnanya pun mulai berubah dari putih menjadi agak kecoklatan. Sejak tahun 2001, masjid ini tercatata sebagai warisan dunia oleh World Monuments Fund’s List of 100 Most Endangered Sites.

Masjid Koutoubia,Maroko


Masjid ini merupakan masjid paling besar di Marrakech, Moroko, yang dibangun Dinasti Almohad menaklukkan kota ini pada tahun 1150. Masjid ini terkenal dengan keindahan menaranya yang menjulang setinggi 69 meter dengan lebar 12,8 meter.

Mesjid Raya Touba,Senegal


Masjid ini dibangun oleh seorang sufi paling terkenal di Senegal, yaitu Sheikh Ahmadu Bamba Mbakke. Bamba juga merupakan orang yang membangun kota Touba. Di mesjid ini juga dimakamkan pendiri jasad Bamba sebagai pendiri Masjid Touba dan kota Touba sendiri. Bamba wafat dan dimakamkan di masjid ini pada tahun 1972.

Masjid Raya Xi'an,China


Masjid ini dibangun pada Dinasti Tang, kemudian direnovasi dan diberi tambahan pada Dinasti Song, Dinasti Yuan, Dinasti Ming dan Dinasti King, yang menjadikan masjid ini memiliki bentuk bangunan yang merepresentasi banyak zaman. Masjid ini menggabungkan gaya Cina tradisional dengan gaya Islami, terlihat dari tidak adanya menara di masjid ini.
Masjid ini merupakan satu-satunya masjid di Cina yang terbuka untuk umum sebagai lokasi tujuan wisata. Masjid ini juga tercatat sebagai warisan budaya islam oleh UNESCO pada tahun 1985.

sumber:dailymoslem,pedasbanget 2015

Post a Comment

  • Posts
  • Comments
  • Pageviews
 
Copyright © 2014 pedasbanget.com. Designed by OddThemes