TRENDING NOW

Thursday 25 December 2014

Kaktus-Kaktus Unik di Dunia (Bagian 2-Selesai)

Pedasbanget.tk[Flora]:mempelajari dunia flora sangatlah menyenangkan,kita bisa lebih tahu tentang cara dia fotosintesis dan memahami habitat tempat tinggalnya,seperti tanaman paling tangguh yaitu kaktus,meski kaktus tumbuhan berduri dan hidup di iklim kering tetapi kaktus memiliki banyak bentuk yang unik sekaligus aneh,dari pada anda penasaran dan bertanya-tanya yuk ikuti informasinya.

Astrophytum caput-medusae


Jika kamu mengenal Medusa sebagai sosok mitos Yunani-Romawi, maka tidak asing pula mengenali bentuk dari kaktus Astrophytum caput-medusae. Kaktus ini memiliki batang yang bercabang seperti kumpulan ular yang menjadi mahkota medusa.
Kaktus medusa memiliki bunga berwarna kuning yang indah dengan titik merah di tengahnya. Keunikan kaktus medusa adalah memiliki biji paling besar di antara kaktus lainnya, sekitar 1/8 hingga 1/4 inchi.

Pereskiopsis spathulata



Merupakan salah satu kaktus golongan primitif, yakni memiliki daun dan duri hanya saja ukurannya kecil.
Pereskiopsis spathulata juga memiliki pertumbuhan yang cepat, maka tidak heran sering dijadikan sebagai bahan okulasi untuk mempercepat pertumbuhan jenis kaktus yang lambat.

Peyote



Kaktus yang satu ini sangat akrab di dalam kehidupan masyarakat Suku Indian di benua Amerika. Masyarakat Indian menggunakan peyote sebagai salah satu bagian dari ritual keyakinnanya, karena dengan menggunakan peyote maka mereka akan mudah untuk berkomunikasi dengan roh leluhur.
Namun setelah disalah-gunakan oleh orang-orang di luar Suku Indian, mereka menggunakannya sebagai obat bius. Akibatnya di beberapa wilayah di Amerika Serikat, peyote diatur dalam undang-undang baik untuk penggunaan maupun pertaniannya. 

Hylocereus undatus


Merupakan salah satu kaktus yang memiliki bunga cantik dan indah. Bunganya mampu tumbuh panjang hingga 35 cm dan lebar sekitar 23 cm.
Lebih uniknya lagi bunga kaktus Hylocereus hanya mekar di malam hari, satu kali sebelum proses menjadi buah dan akhirnya mati. Dari aroma nya, bunga Hylocereus mengeluarkan wangi vanila. Tentunya kaktus ini juga berbuah, dan buahnya sering disebut sebagai buah naga.

Discocactus horstii


Ketika dewasa Discocactus akan memiliki cephalium –duri tebal, dengan ukuran besar dengan bunga putih yang mekar. Padahal ketika diawal pertumbuhannya Discocactus ini berwarna hijau, bahkan jika dilukai maka getahnya akan berwarna merah. Meskipun terlihat seperti kaktus biasa ketika muda, namun setelah memasuki fase dewasa fisiknya akan berubah.
Discocactus biasanya ditemukan tumbuh di ketinggian 1.000 kaki di atas permukaan laut, meski demikian kaktus yang satu ini sangat sensitif terhadap air. Jika tanah yang ditinggalinya kelebihan air maka ia terancam akan membusuk, namun jika kekurangan air ia pun akan kekeringan.

sumber:berbagai sumber,pedasbanget.tk


Post a Comment

  • Posts
  • Comments
  • Pageviews
 
Copyright © 2014 pedasbanget.com. Designed by OddThemes