TRENDING NOW

Saturday 27 December 2014

Domba-Domba Unik di Dunia

Pedasbanget.tk[Fauna]:tentunya kamu sudah kenal dengan namanya hewan bernama domba,hewan yang sering di pelihara seoarang peternak ini memang banyak manfaatnya,dari bulunya hingga dagingnya,Domba adalah mamalia yang pertama kali dijinakkan dan dijadikan sebagai hewan ternakan oleh manusia. Domba atau biri-biri, masuk dalam spesies ruminansia dengan rambut tebal, dan dikenal orang banyak karena dipelihara untuk dimanfaatkan rambut, daging, dan susunya. Domba juga disebut dalam agama-agama besar terutama dalam agama islam, dan kristen.

Pada umumnya domba lahir dengan bentuk yang seperti biasanya,tetapi lain dengan domba-domba unik berikut ini entah karena hasil percobaan manusia atau benar-benar ciptaan tuhan,berikut kami akan membahas informasinya yang kami langsir dari uniknya.com

Goliath-Anak Domba Terbesar di Dunia


Melihat domba dengan ukuran dan tanduk yang besar, mungkin biasa kita temukan. Namun bagaimana jadinya jika menemukan bayi domba terbesar di dunia? Ya, seperti anak domba yang terlahir di Inggris ini. Bayi domba yang diberi nama Goliath telah dinobatkan sebagai bayi domba terbesar di dunia.
Anak domba ini lahir pada 3 april 2014 lalu, di peternakan di Wellington, Somerset, Inggris. Goliath lahir dengan bobot tubuh seberat 10 kilogram. Ukuran tubuh goliath tiga kali ukuran domba musim semi lainnya, bahkan beratnya sama dengan balita manusia. Dan itulah yang membuatnya menjadi domba musim semi terbesar di dunia.
Sang pemilik, Ann Endicott, dan suaminya, David, mengatakan bahwa goliath sangat besar dan ukuran tubuhnya melebihi beberapa dari anak-anak domba lainnya.  Mereka mengaku jika selama 13 tahun memelihara puluhan domba, belum pernah melihat anak domba sebesar goliath.
Menurut para peneliti, domba betina sering melahirkan anak yang kembar atau kembar tiga, tetapi ketika mereka memiliki anak tunggal, sering terjadi anaknya memiliki tubuh yang lebih besar dari domba biasa. Berat tubuh goliath, bahkan telah mengalahkan domba terbesar yang pernah tercatat di Selandia Baru yang beratnya hanya 7 kilogram. Domba terbesar lainnya lahir dengan berat 10,8 kilogram, di Lancashire pada mei tahun lalu.

Domba Panda

Wajah putih dengan lingkaran hitam di mata selama ini kita kenal sebagai ciri khas hewan asal China, panda. Namun di Skotlandia, kini telah lahir enam ekor anak domba yang memiliki ciri khas sama dengan panda. Domba-domba unik tersebut dimiliki oleh seorang petani bernama Jill Noble, yang berasal dari Peeblesshire, Skotlandia. Wanita itu berhasil menciptakan sebuah spesies domba yang lebih indah. Hewan ini bisa disebut panda domba, karena domba ini justru menyerupai seekor panda. Mereka memiliki wajah yang putih bersih, mata dan telinga yang hitam, serta corak bintik hitam seperti panda.
Persilangan domba ini telah dimulai olehnya sejak bulan november lalu. Butuh waktu dan penelitian untuk mengawinkan silang antara domba putih, dan domba hitam. Pengembangbiakkan domba ini juga menakjubkan, sebab induk dari domba ini tidak menyerupai panda. Yang paling menarik, panda domba ini lahir pada tanggal 1 april atau tepat pada perayaan april mop, sehingga Jill Noble memastikan terlebih dahulu apakah ini adalah sebuah lelucon atau bukan.
Noble telah mendirikan pertanian gowl windy sejak 24 tahun yang lalu. Kini ia sedang memikirkan nama-nama yang bagus untuk para domba tersebut, dan akan memasarkan mereka dengan harga yang tinggi. Ia yakin banyak kalangan yang tertarik dengan bayi-bayi panda domba ini.

Domba Bermahkota 

Domba unik berikutnya ialah domba dengan mahkota di kepalanya. Ya, seekor domba putih yang lahir di Arab Saudi ini memiliki keunikan. Hewan ternak tersebut seolah mengenakan mahkota yang bertengger di kepalanya, yang terbuat dari bulunya sendiri. Sang pemilik pun menamai dombanya itu dengan sebutan The Queen .
Kehadiran domba dengan mahkota di kepalanya ini sempat membuat warga sekitar heboh. Bahkan,  dua hari setelah kelahirannya, pemilik domba yang berprofesi sebagai petani itu mendapatkan tawaran harga yang cukup menggiurkan dari pembeli yang ingin memiliki domba cantik itu. Domba langka itu sempat mendapatkan tawaran sebesar 15.000 riyal, atau sekitar 37,5 juta rupiah. Akan tetapi sang pemiliki menolak untuk menjualnya.
Mahmadi, yang memiliki sebuah peternakan di kota Madinah bagian barat itu mengatakan, ia akan menjaga domba itu dan berharap dapat memenangkan kontes kecantikan domba yang diadakan di arab saudi setiap tahunnya.

Domba Bertato

Domba tak kalah unik berikutnya ialah domba bertato.  Ada pemandangan yang unik terjadi Melton Mowbray, Leicestershire, Inggris, dimana ada ratusan domba yang ditato dengan sebuah simbol berbentuk wajah yang sedang tersenyum. Simbol berbentuk wajah di tubuh ratusan domba itu memang tampak lucu. Foto domba bertato ini sempat diposting oleh beberapa orang ke jejaring sosial twitter, dengan menggunakan hashtag creepy sheep. Namun anehnya, sejak foto domba bertato ini muncul di media sosial, tak ada satu orang pun yang tahu siapa pelaku pembuatnya.
Tentu kejadian ini telah menimbulkan banyak perdebatan. Pasalnya, kejadian serupa juga terjadi di lima daerah bagian di Inggris, termasuk di Perthshire, Skotlandia dan di Exeter, Devon. Di daerah itu, juga banyak domba yang di cap tubuhnya oleh seseorang dengan simbol wajah yang serupa. Seperti wajah tersenyum dengan dua mata spiral yang terhubung langsung dengan mulutnya. Simbol misterius itu telah dicat di kedua sisi hewan yang dipilih secara acak di setiap peternakan yang terkena dampak.
Banyak yang mempertanyakan bagaimana simbol misterius itu bisa terukir di tubuh ratusan domba. Banyak orang yang beranggapan kalau kejadian ini dilakukan oleh makhluk asing.  Bahkan salah seorang petani di Inggris mengatakan bahwa simbol ini seperti lingkaran yang sering terjadi di sawah atau crop circles, tapi simbol ini dibuat di tubuh domba.

Domba Berkaki Enam 
Domba unik terakhir ialah domba berkaki enam yang jadi primadona baru di Inggris. Anak-anak domba nan lucu bernama Cupcake dan Sprinkles ini dimiliki oleh seorang peternak di Inggris. Bukan hanya wujud imut yang membuat kedua domba mungil itu populer, melainkan karena cupcake dan sprinkles merupakan domba pertama yang punya enam kaki. Pria yang beruntung memilikinya adalah Simon Bennet, ia berhasil menciptakan domba berkaki enam dari mutasi genetik.
Kendati hasil mutasi, kedua domba ini telah menjalani pemeriksaan kesehatan dan pemantauan genetik dan dinyatakan bisa berkembang biak secara alami. Sama seperti para ilmuwan,’ Simon pun terkejut ketika domba berkaki enam itu lahir. Banyak ilmuwan dan dokter terkemuka yang datang ingin melihatnya. Uniknya, enam kaki itu tidak mempersulit kedua domba untuk bergerak, justru cupcake dan sprinkles terlihat lebih bugar dan ramping. Bennet berharap domba berkaki enam ciptaannya itu akan terus dikembangbiakkan dalam skala besar. 

sumber:uniknya.com,pedasbanget.tk

Post a Comment

  • Posts
  • Comments
  • Pageviews
 
Copyright © 2014 pedasbanget.com. Designed by OddThemes